Butuh Info Lengkap Paket WIsata Jogja Hubungi Kami Di : 081222256749

Monday, March 13, 2017

Tentang Legenda Asal Usul Keberadaan Wisata Jogja Umbul Ponggok

Tentang Legenda Asal Usul Keberadaan Wisata Jogja Umbul Ponggok



Diceritakan kalau Umbul Ponggok sendiri sebenarnya berasal dari 2 buah sumber air. Konon kedua mata air air ini dikenal dengan nama Umbul Peteng dan Umbul Pelem. Atau berdasarkan cerita masyarakat sekitar, lebih dikenal juga dengan Umbul Lanang (laki-laki) dan Umbul Wadon (perempuan).
Memang belum ada cerita yang pasti, tetapi yang jelas memang ada banyak versi mengenai kedua umbul tersebut. Beberapa bilang Umbul Lanang adalah Umbul Pelem, ada juga yang bilang Umbul Lanang adalah Umbul Peteng. Versi lainnya malah menceritakan kalau Umbul Lanang adalah Umbul Pelem sedangkan Umbul Wadon adalah Umbul Peteng.
Disebutkan kalau lokasi Umbul Pelem ini berada persis di tepi jalan, sedangkan Umbul Peteng sendiri berada lumayan jauh dari tepi jalan. Umbul Peteng sendiri berada di sebelah selatan umbul Pelem. Disebut Umbul Pelem karena konon dahulu didekat situ pernah tumbuh pohon Pelem (pohon mangga).
Kembali ke legenda yang ada di Umbul manten, konon ada cerita mengenai asal muasal keberadaan Umbul Manten. Diceritakan ada sepasang penganti baru yang tentu saja baru menikah. Mereka diberi wejangan atau petuah oleh orang tuanya, kalau pengantin baru itu sebaiknya tidak keluar bersama sama menjelang maghrib atau senja sebelum 40 hari menikah.
Namun sepasang pengantin baru itu kemudian tidak menuruti petuah orang tuanya. Dan pada suatu hari, sebelum 40 hari lewat masa pernikahan mereka keluar rumah bersama ketika senja sebentar lagi tiba.
Diceritakan kalau sang suami kemudian berjalan mendahului istrinya. Selang tak berapa lama, dan berjalan selama beberapa saat si suami menengok ke belakang untuk berbicara dengan istrinya. Namun, dia ternyata tak bisa menemukan istrinya.
Keanehan juga terjadi dengan pada si istri. Ketika dia bermaksud suaminya yang sudah berjalan terlebih dahulu, dia tidak bisa menemukannya. Suaminya lenyap tak berbekas. Diceritakan kalau Umbul Manten yang lokasinya berada di kedua umbul inilah yang dipercaya sebagai lokasi di mana kedua suami istri itu hilang, sehingga tak bisa bertemu kembali.
Entah cerita mengenai mitos dan legenda Umbul Manten ini benar atau tidak, yang jelas keberadaan umbul ini tetap menarik untuk dikunjungi sebagai tempat liburan yang menyenangkan di daerah Klaten, Jawa Tengah. Jadi, kalian percaya atau enggak mengenai wejangan pengantin di Umbul Manten ini?

Untuk Anda Yang Ingin Berwisata Traveling Ke Jogja Kami Menawarkan Paket Wisata Jogja Yang menarik Untuk Anda Info Lengkao Cek Disini:

http://wisatajogja.id/paket-wisata-jogja-info-jasa-tour-travel-sewa-bus-elf/

Artikel Terkait

Tentang Legenda Asal Usul Keberadaan Wisata Jogja Umbul Ponggok
4/ 5
Oleh

Berlangganan

Suka dengan artikel di atas? Silakan berlangganan gratis via email