Butuh Info Lengkap Paket WIsata Jogja Hubungi Kami Di : 081222256749

Wednesday, March 22, 2017

Nantinya Ada Museum dan Perpustakaan di Makam Imogiri Bantul

Nantinya Ada Museum dan Perpustakaan di Makam Imogiri Bantul

Kompleks Makam Seniman Imogiri Bantul nantinya tidak hanya untuk persemayaman jasad para seniman, namun di situ juga rencananya akan didirikan museum dan juga perpustakaan seniman DIY.
Pemilik Makam Seniman Imogiri, Yani Saptohudoyo menjelaskan mendiang sang suami yakni Saptohudoyo semasa hidupnya menginginkan berdirinya museum seniman di kompleks makam, sehingga pengunjung yang datang ke sana tahu siapa saja seniman yang telah dimakamkan di sana melalui karya yang dimuseumkan.
"Di samping itu, ada perpustakaan untuk tempat dibukukan sejarah dan riwayat hidupnya (seniman). Ngarso Dalem mendukung. Tim akan segera kami bentuk. Seniman dilibatkan agar karya mereka bisa dipasang di sana," ujarnya seusai melakukan pertemuan dengan Gubernur DIY, Sri Sultan Hamengku Buwono X, di Kepatihan, Senin (20/3/2017).
Perpustakaan tersebut, imbuhnya, juga dapat menjadi tempat mahasiswa maupun akademisi untuk mencari sejarah, riwayat, dan karya-karya seniman di DIY.
Adapun seniman yang dimakamkan di kompleks tersebut meliputi pelukis, sastrawan, pematung, penari, pengarang buku atau komik, dan sebagainya yang jumlahnya berkisar 50 seniman.
Ketua Umum Lembaga Kebudayaan Nasional Indonesia (LKNI), Totok Sudarwoto mencontohkan karya seniman yang akan diabadikan di museum adalah milik pematung Edi Sunarso.
"Semua patung di Jakarta itu karya Oak Edi. Pak Edi dan Bu Edi dimakamkan di sana. Pak Saptoto itu yang membangun Monumen Satu Maret. Itu maket-maketnya masih ada semua, itu yang nanti buat ngisi museum," bebernya.
Pembangunan museum dan perpustakaan tersebut, imbuhnya, kerjasama dari berbagai pihak. Mulai dari pemilik Kompleks Makam Seniman Imogiri Bantul, LKNI, Institut Seni Indonesia (ISI), dan Dinas Kebudayaan DIY.
"Biayanya nanti dari danais. Keberadaan museum ini nanti juga tidak hanya untuk publik DIY, tapi juga dunia karena satu-satunya di dunia," bebernya. (Tribunjogja)

Untuk Anda Yang Ingin Berwisata Traveling Ke Jogja Kami Menawarkan Paket Wisata Jogja Yang menarik Untuk Anda Info Lengkao Cek Disini:

http://wisatajogja.id/paket-wisata-jogja-info-jasa-tour-travel-sewa-bus-elf/

Artikel Terkait

Nantinya Ada Museum dan Perpustakaan di Makam Imogiri Bantul
4/ 5
Oleh

Berlangganan

Suka dengan artikel di atas? Silakan berlangganan gratis via email