Butuh Info Lengkap Paket WIsata Jogja Hubungi Kami Di : 081222256749

Monday, March 13, 2017

Byurr! Segarnya Umbul Manten, Sumber Air Segar Sebening Kaca Di Klaten!

Byurr! Segarnya Umbul Manten, Sumber Air Segar Sebening Kaca Di Klaten!

Umbul Manten, atau ada juga yang mengenal dengan nama Umbul Janti adalah sumber air segar sebening kaca yang ada di Klaten. Tempat wisata terbaru ini sekarang ikut meramaikan pariwisata Klaten. Iya, belakangan ini nama Klaten makin sering terdengar akibat keberadaan Umbul Ponggok yang memang keberadaannya sudah banyak dikenal warga setempat dari dulu

Sekarang ini, ada satu wisata baru di Klaten, yang namanya dikenal dengan Umbul Manten. Seperti apakah sebenarnya tempat wisata terbaru di Klaten ini? Sebelumnya perlu diketahui terlebih dahulu kalau di Klaten itu sebenarnya terdapat banyak sumber mata air alami yang dalam Bahasa Jawa disebut dengan umbul.

Umbul Manten Kian Meramaikan Pariwisata Klaten!

Umbul Manten sendiri masih belum dikelola secara professional layaknya tempat wisata di Klaten yang lain. Memang, namanya baru mencuat di Internet beberapa waktu belakangan ini. Namun, meski demikian, bukan berarti tempat wisata terbaru di Klaten ini nggak menarik ya! Airnya yang bening, sebening gelas kaca akan membuat siapapun terlena ketika berkunjung kesini.

Namanya memang unik, yaitu Umbul Manten atau jika dalam bahasa Indonesia itu artinya adalah “pengantin”. Entah kenapa namanya seperti itu, namun konon katanya dahulu umbul yang satu ini sering digunakan untuk prosesi siramannya dalam pernikahan adat Jawa.
Umbul Manten ini lokasinya berada di Dusun Janti, Kelurahan Janti, Kecamatan Polanharjo, Kabupaten Klaten, Jawa Tengah. Keberadaannya sendiri tidak terlalu jauh dengan Umbul Ponggok. Jadi, mungkin kalian bisa berkunjung ke dua Umbul di Klaten ini secara sekaligus. Nggak ada ruginya kok!
Lokasi Umbul ini terletak di tengah rerimbunan pohon besar. Pepohonan yang mengelilingi keberadaan Umbul ini dikenal dengan nama pohon Ipik. Pun kalau diperhatikan, sepertinya pohon tersebut malah sedikit mirip dengan pohon beringin.
Ukurannya Umbul Manten ini tidak terlalu besar, namun jangan salah, air yang ada di umbul tersebut sangatlah jernih sebening kaca. Umbul ini adalah sebuah kolam alami di Klaten yang memiliki kedalaman sekitar 1,5 meter. Tidak seperti Umbul Ponggok, bagian dasar Umbul Manten adalah berupa bebatuan. Oleh karena itu, kejernihan airnya bisa terjaga, hingga bagian dasar kolam terlihat sangat jelas.
Dengan begitu jernihnya air, seperti ini, kemudian menjadikan tempat ini menjadi sangat nyaman untuk berenang. Air tidak keruh, dan begitu segar. Bahkan, kalau terlalu lama berenang disini, sepertinya malah akan kedinginan deh. Kesegaran air juga tetap terjaga, karena ada air yang keluar dari sejumlah titik di umbul tersebut.
Untuk menikmati kesegaran tempat wisat terbaru Klaten ini tidaklah terlalu mahal. Kalian hanya akan dikenakan biaya retribusi sebesar IDR 2 ribu. Murah sekali bukan? Namun sayang karena belum digarap secara professional, fasilitas dasar seperti kamar mandi juga belum tersedia. Disini hanyalah ada sebuah kamar ganti yang masih sangat sederhana. Namun, tentu itu nggak menyurutkan kalian untuk berlibur ke Umbul Manten di Klaten Bukan?



Byurr! Segarnya Umbul Manten, Sumber Air Segar Sebening Kaca Di Klaten! via 

Untuk Anda Yang Ingin Berwisata Traveling Ke Jogja Kami Menawarkan Paket Wisata Jogja Yang menarik Untuk Anda Info Lengkao Cek Disini:

http://wisatajogja.id/paket-wisata-jogja-info-jasa-tour-travel-sewa-bus-elf/

Artikel Terkait

Byurr! Segarnya Umbul Manten, Sumber Air Segar Sebening Kaca Di Klaten!
4/ 5
Oleh

Berlangganan

Suka dengan artikel di atas? Silakan berlangganan gratis via email